Kumpulan Informasi Seputar Android

Cara Mengatasi Aplikasi Hp Android Yang Sering Terhenti

Cara Mengatasi Aplikasi Hp Android Yang Sering Terhenti hai sobat Appk Android berjumpa lagi dengan saya kali ini saya akan berbagi tips mengatasi aplikasi hp android yang sering terhenti secara tiba tiba atau sering juga disebut dengan Force Close nah silahkan perhatikan baik baik langkah langakah berikut ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Hp Android Yang Sering Terhenti

Penyebap aplikasi Sering Terhenti (Force Close)

  • Aplikasi yang sobat gunakan mungkin dalam beta atau uji coba.
  • Cpu dan ram kurangi mumpuni untuk menjalankan aplikasi tersebut, kalau pun itu aplikasi yang sobat gunakan lumayan ringan, mungkin sudah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di balik layar "backgraund" dan hal tersebut menyebabkan ram di android sobat jadi penuh dan tidak bisa membuka aplikasi lain lagi.
  • Data dari aplikasi yang bersakutan belum lengkap dan masih di perlukan pembaharuan.
  • Konfigurasi yang salah sehingga menumpunya file-file sampah Dalvik data cache atau biasanya lebih di kenal dengan nama Temporaly file.
  • Aplikasi kurang begitu kampetibel atau gak cocok dengan android sobat.
  • Sistem kernel yang mengalami kesalahan dalam mengeksekusi atau menjalankan program.
  • Koneksi internet yang tiba-tiba terputus hal ini menyebabkan di beberapa aplikasi yang membutukan koneksi internet seperti game online, streaming ataupun aplikasi chatting.
  • Masalah hardware yang kurang mendukung.

Cara Mengatasi Aplikasi Hp Android Yang Sering Terhenti

setelah sobat mengetetahui berbagi hal yang bisa menyebabkan aplikasi di android tertutup dengan sendirinya selanjutnya tinggal cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Aplikasi Hp Android Yang Sering Terhenti 


1. Cobalah untuk melakukan restart atau reboot.
  • Disini saya menyarankan untuk mematikan smartphone android sobat kemudian nyalakan kembali, usahakan sobat melakukan restart atau reboot minimal sehari sekali, kenapa saya sarankan begitu? karena smartphone berbeda dengan fiture phone, di smartphone android biasanya aplikasi yang habis sobat gunakan kemudian sudah keluarkan sebenarnaya masa aktif dan membebani memory RAM, kalau sobat tidak percaya coba lihat dengan aplikasi taks manager seperti killme atau yang lainnya.

2. Lakukan Force stop, Clear data dan Clear cache secara menual.
  • Caranya sobat buka setting 
  • kemudian pilih Manager applications
  • kemudian cari dan pilih aplikasi yang sering mengalami force close
  • kemudian klik Force stop lalu klik Claer data nanti ada notifikasi atau peringatan tekan saja ok, terakhir geses ke bawah kemudian Clear cache.

3. Instal ulang aplikasi yang sering mengalami force close
  • Disini sobat diminta untuk menghapus dulu aplikasi sering berhenti dengan sendirinya kemudian pasang lagi aplikasi tersebut.

4. Lakukan Update aplikasi yang sering force close.

  • Karena kebanyakan aplikasi yang sering Force Close itu masih beta/trial maka sobat harus sering sering update jika versi terbarunya sudah di keluarkan.

5. Download data aplikasi atau game secara langsung dari aplikasi yang bersangkutan.
  • Pada bagian ini untuk sobat yang hobi bermain game sering kali sobat mendownload game secara manual kemudian memasukan data game misal data Obb secara manual pula, sering kali di situ datanya tidak sesuai dengan aplikasinya, jadi usahakan untuk mengisi datanya sobat mengunduhnya secara online atau langsung dari aplikasi yang bersangkutan.

6. Memastikan koneksi internet lancar ( untuk aplikasi yang butuh koneksi internet).

  • Untuk melihat koneksi berjalan secara lancar atau tidak sobat bisa gunakan aplikasi seperti "Network speed" ataupun "Networt monitor mini" sobat bisa cari dan unduh di Google play.

7. Upgrade OS Android sobat ke versi terbaru yang tersedia untuk smartphone android sobat.

  • Melakukan upgrade os ke versi yang lebih baru akan membuat lebih stabil dan juga menimalisir seringnya crash atau force close pada aplikasi.

Nah jika sobat mengikuti beberapa langkah diatas akan meminimalkan aplikasi hp android sobat dari berhenti secara tiba tiba dan saya sarankan jika sobat ingim memasang aplikasi yang sangat besar pastikan sesuai dengan kemampuan hp android sobat jadi jangan memaksakan untuk menginstal aplikasi yang berlebihan dan terimakasih sudah berkunjung nantikan artikel terbaru dari saya seputar android di appk android.
Tag : Artikel
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Aplikasi Hp Android Yang Sering Terhenti "

Back To Top